Untuk para anglers, jelas akan mengidamkan untuk bisa mendapatkan tangkapan yang besar dan banyak. Pada umumnya kita berpikir bahwa waktu yang tepat untuk memancing itu saat fajar dan senja. Padahal sebenarnya waktu yang tepat untuk mengetahui waktu makan ikan adalah saat bulan terbit dan terbenam.

Siklus matahari dan bulan merupakan hal utama yang banyak memberikan pengaruh bagi alam, termasuk kehidupan manusia, flora dan fauna, tak terkecuali ikan. Berikut ini beberapa poin yang perlu diperhatikan antara waktu terbaik untuk memancing dengan siklus bulan (dan matahari):

Dengan mengetahui siklus bulan dan matahari yang terbit dan tenggelam, maka kita bisa mengira kapan waktu yang tepat untuk memancing di alam terbuka. Biasanya, 45 menit sebelum dan sesudah bulan terbit dan tenggelam adalah waktu yang tepat untuk memancing, begitu juga dengan 45 menit sebelum dan sesudah matahari terbit.

Pada tahun 1926, John Alden Knight lewat risetnya menyimpulkan bahwa ada 3 faktor yang menentukan keberhasilan memancing ikan di alam terbuka, yaitu metahari, bulan, dan pasang surut-pasang naik air laut.

Alden mengumpulkan data dari 200 kegiatan memancing dan hasilnya menunjukkan bahwa 90% dari total ikan yang ditangkap (dari 200 kegiatan memancing) berasal dari waktu memancing saat bulan berada pada fase bulan baru.

Pengaruh bulan akan semakin terasa pada ikan yang ukurannya semakin besar. Semakin besar ukuran ikan, semakin besar pula dia terpengaruh oleh bulan.

Waktu terbaik untuk memancing adalah 4 hari di sekitar bulan baru (new moon), yaitu 2 hari sebelum hingga 2 hari sesudah bulan baru.

Source: http://informasitips.com/pengaruh-fase-bulan-terhadap-waktu-memancing-alam-terbuka