Mungkin ada banyak angler yang belum tahu atau belum pernah mencoba mancing menggunakan jaring. Cara mancing ini sangat berbeda dengan cara yang biasanya yaitu mancing dengan umpan yang memang sudah layaknya dilakukan para angler. Mau tahu cara memancing menggunakan jaring? Yuk, simak artikel ini lebih lanjut.

Jaring yang digunakan untuk mancing ikan disini berbeda dengan jaring yang digunakan untuk menjala. Kalau jala mempunyai ukuran yang besar dan cara menggunakannya pun berbeda dengan tipe jaring untuk memancing. Jaring pancing mempunyai ukuran lebih kecil daripada jala, panjangnya sekitar 1-2 meter saja. Lebih panjang, jaring yang akan digunakan maka akan semakin baik untuk mendapat ikan.

Biasanya ciri untuk menentukan besar lubang atau sela jaring pancing adalah nomor dari jaring tersebut, yaitu antara 1-5, semakin tinggi nomornya maka lubang jaring semakin lebar. Duraking menyarankan untuk menggunakan nomor jaring 2 atau 3 dengan pajang 1.5-2 meter. Dengan menggunakan sela jaring yang sedang mempunyai keuntungan ikan dengan diameter sedang dan besar akan ikut terbawa jaring pancing, dan ikan kecil tidak akan terbawa. Jangan gunakan lubang atau sela jaring yang besar karena ikan berukuran sedang bisa lolos dari tangkapan. Begitu juga panjang jaring akan lebih baik jika menggunakan yang panjangnya 2 meter. Sehingga jangkauan dan ketinggian pada air akan semakin luas, sehingga kesempatan untuk mendapatkan ikan semakin banyak dan mudah.

 Cara Mancing dengan Jaring yang Benar

Mancing dengan jaring juga harus dimulai dengan pembelajaran terlebih dahulu, jika tidak maka akan mengalami kesulitan karena memang medianya yang sedikit sulit. Jaring dengan panjang sekitar 2 meter yang sudah dikaitkan dengan benang pancing akan kita lempar ke tengah spot mancing. Semakin jauh biasanya akan semakin baik, karena ikan tidak begitu suka berada ditepian air.

Sebelum melempar lihatlah jaring dengan seksama, apakah jaring tersebut kusut atau ada sesuatu yang menempel. Jika ada, maka bersihkan dan rapikan terlebih dahulu jaring dari sampah atau benda yang mengganggu agar jebakan menjadi maksimal.

Gunakan pelampung yang besar untuk mempermudah pelemparan dan pengamatan jika terjadi tarikan pada ikan sehingga kita cepat dapat mengetahui jika ada ikan yang masuk ke jaring. Setelah dilemparkan kita bisa menunggu untuk ikan masuk ke dalam jaring.

 

Source: http://www.edisutanto.com/mancing/cara-memancing-ikan-menggunakan-jaring/