Mini Cart

Saltwater fishing is a broad term used to describe the method of fishing in the ocean. Saltwater fishing can be done on shore (surf fishing), on a boat or on a pier. Live bait and artificial bait are used by saltwater anglers, which varies based on the type of fish the angler is trying to catch. Saltwater fishing is only available in states/countries that border an ocean or have an inlet river with a high level of salinity. Some of the greatest fighting fish are saltwater fish, such as the tuna or marlin. Saltwater fishing provides some of the best fishing experiences an angler can ever have.

Read more

Freshwater fishing is when a fisherman fishes in a body of water that has less than 0.05% salinity. You can find freshwater in ponds, lakes, streams, rivers and they can be both man-made and naturally occurring. Freshwater fishing is different than saltwater fishing because the species of fish are entirely different.

Read more

Bagi sebagian angler pemula, seringkali kebingungan saat terjadi pengurangan performa pada gulungan pancing yang dimiliki. Kurangnya informasi serta ketidakberanian untuk membongkar bagian dalam reel adalah salah satu sebabnya. Padahal reel baitcasting memiliki beberapa bagian atau part, seperti bearing dan gear, yang memerlukan perawatan khusus yang dalam pelaksanaannya memang harus membongkar bagian dalam reel.

Bagian-bagian tersebut jika bekerja terus menerus tanpa adanya maintenance, kinerjanya akan berkurang bahkan mengalami kerusakan parah seperti gear loss, tidak bisa digulung, berisik dan masih banyak lagi ancaman kerusakan lainnya. Lantas bagaimana sih caranya merawat gulungan pancing ini dan bagian mana sajakah yang perlu diberi perawatan khusus? Ini dia tips mudah perawatan baitcasting reel bagi pemula.

Kebersihan reel juga perlu diperhatikan karena kotoran-kotoran yang menumpuk menjadi kerak pada bagian luar dapat mengakibatkan terkelupasnya cat bahkan korosi di badan reel yang terbuat dari metal apalagi jika memancing di spot-spot yang airnya kotor atau air asin.

Gunakan air mengalir agar kotoran yang dibersihkan menggunakan sikat gigi mudah terlepas. Jangan takut air masuk ke bagian dalam karena hampir semua jenis baitcasting reel memiliki saluran pembuangan air di bagian bawah handle sideplate. Sebaiknya setelah selesai dikeringkan, kibas-kibas sedikit reel agar air yang masih terperangkap di dalam cepat keluar serta meletakkan reel di atas kain/tissue jangan sampai terbalik agar air mudah mengalir ke saluran pembuangan.

Untuk gulungan pancing yang terasa agak berisik atau sudah kurang smooth akibat pemakaian berat atau pemakaian ringan selama berbulan-bulan, maka perlu pelumasan ulang di bagian-bagian dalam, seperti gear dan bearing. Langkah pertama adalah membongkar handle sideplate dimana pada bagian inilah 90% alat penggerak reel berada. Usahakan membongkar reel di sudut ruangan di atas lantai tanpa celah serta gunakan meja rendah dengan penerangan yang cukup. Hal ini untuk menghindari hilangnya part-part kecil. Kalaupun ada yang terjatuh atau hilang dari pandangan, maka akan lebih mudah mencarinya. Jangan lupa jauhkan dari jangkauan anak-anak. Susun serta dokumentasikan untuk memudahkan pemasangan ulang terutama bagi angler yang baru pertama kali membongkar reel.

Bagian terakhir adalah tips mencuci dan melumasi bagian dalam reel. Gunakanlah sabun pencuci piring cair penghilang lemak agar sisa-sisa grease yang sudah mengental dan tidak bagus lagi serta kotoran lainnya hlang. Pastikan seluruh celah gerigi gear bersih, bilas hingga tidak ada lagi sisa-sisa sabun. Gunakan kain kering atau tissue, bisa juga dilanjutkan dengan dikeringanginkan. Hindari menjemur di bawah terik sinar matahari karena jika dilakukan terus menerus ditakutkan merusak atau mengurangi kekuatan part. Kalaupun dijemur usahakan tidak terlalu lama.

Hal terakhir yang dilakukan adalah pelumasan dan perakitan ulang. Ini adalah bagian terpenting. Semua ball bearing dilumasi menggunakan minyak kecuali satu, yaitu one way bearing yang menggunakan grease. Semua bagian yang bergerigi menggunakan grease, seperti main gear, pinion gear, wormshaft gear. Lapisi seluruh bagian dalam frame menggunakan grease. Jika tidak memiliki pelumas antikarat bisa menggunakan grease yang digunakan untuk gear. Tidak disarankan menggunakan pelumas yang bukan untuk gulungan pancing karena bisa jadi formula atau zat aditif yang ditambahkan berbeda, bahkan dapat merusak reel. Jangan terlalu banyak menggunakan minyak, cukup satu tetes. Terlalu banyak memberikan pelumas malah akan menurunkan performa bahkan membuat kasar pergerakan part-part dalaman. Setelah selesai, rakit kembali sesuai urutan. Terakhir, bersihkan body menggunakan tissue untuk menghilangkan sisa-sisa grease atau minyak yang menempel.

Jika diperhatikan seksama, waktu yang dibutuhkan untuk membongkar, mencuci, melumasi hingga merakit ulang gulungan pancing ini hanya membutuhkan waktu yang tidak sampai satu jam. Berapa lama maintenance seperti ini bisa dilakukan kembali? Jawabannya adalah tergantung pemakaian. Semakin sering memancing di spot air kotor dan air asin serta trip-trip berat maka semakin sering pula perawatannya.

Source: https://spotmancing.com/2018/08/20/tips-mudah-perawatan-ringan-pada-baitcasting-reel-bagi-pemula/

Rawa-rawa adalah salah satu spot mancing favorit para angler. Ada banyak jenis ikan yang bisa diperoleh di sana seperti ikan lele, ikan gabus, belut, ikan nila, ikan toman, ikan betok, ikan mujaer dan masih banyak lagi. Untuk menentukan umpan jitu mancing ikan di rawa, harus ditentukan dulu ikan apa yang akan menjadi target mancingnya. Umpan untuk ikan gabus tentu berbeda dengan umpan untuk ikan mujaer. Seringnya juga menarget ikan dari jenis yang sama namun pada rawa yang berbeda, maka lain pula umpan yang digunakan.

Jenis Umpan Ikan Perairan Rawa

Kalau Sahabat belum hafal betul jenis ikan apa saja yang menghuni perairan rawa, siapkan saja beberapa umpan yang berbeda-beda misalnya umpan cacing yang umumnya sebagai umpan favorit beberapa jenis ikan. Kemudian bawa juga ulat bambu, lumut, belalang atau pelet. Sahabat bisa mencoba beberapa umpan itu, mana yang bisa memperoleh ikan. Namun yang terbaik adalah bertanya dulu kepada angler lain, ikan apa yang dominan diperoleh di rawa tersebut. Umpan jitu mancing ikan mujaer adalah lumut, gunakan lumur dengan teknik glosor.

Alat Pancing untuk Mancing di Rawa

Joran yang digunakan biasanya adalah tipe joran tegeg atau Pole Rod. Yakni joran polosan tanpa ada ring penyangga benang pancing. Panjangnya bermacam-macam, ada yang 2.5 – 5.4 meter. Dengan jenis penggunaan dari yang low, medium hingga high. Biasanya di perairan rawa sering ditumbuhi beraneka macam tumbuhan di permukaan air, sehingga tak cocok bila menggunakan teknik glosor karena rawan tersangkut tumbuhan air.

Waktu Mancing Terbaik

Kalau Sahabat mengincar ikan betok, perhatikan waktu tepat mancing. Waktu mancing terbaik adalah di pagi hari mulai jam 6 – 10. Ikan betok sering menyambar umpan yang tidak begitu dalam, cenderung di permukaan sedikit ke dalam. Sementara di siang hari, umpan diusahakan agak tenggelam hingga mendekati dasar rawa.

Untuk target ikan gabus, waktu yang tepat adalah di pagi serta sore hari. Ikan gabus akan keluar sarang untuk memburu mangsa, kalau semalam sebelumnya turun hujan. Sebaiknya macning memakai umpan berupa katak atau umpan imitasi berbentuk katak kecil.

Yang tidak kalah penting juga Sahabat harus mempersiapkan beberapa perlengkapan pribadi seperti memakai sepatu boot, membawa parang kecil untuk membuka area yang biasanya tertutup semak belukar dan juga perbekalan. Jangan lupa juga untuk membawa lotion anti nyamuk sebab biasanya perairan rawa sangat banyak nyamuk.

Source: https://umpanmancingikan.blogspot.com/2014/12/tekhnik-dan-umpan-jitu-mancing-ikan-rawa.html

Sahabat, kamu tahu gak kalau cuaca sangat mempengaruhi hasil pancinganmu? Pada umumnya setiap jenis ikan memiliki caranya sendiri, terutama dalam mencari makan. Sehingga ada jenis ikan yang cocok dipancing waktu kemarau dan ada juga ikan yang lebih mudah dipancing waktu musim hujan.

Mungkin Sahabat pernah dengar ada mitos bahwa ikan tertentu tidak mau makan ketika air keruh atau air sedang jernih, atau mungkin juga waktu musim hujan. Semua itu tidak sepenuhnya benar, namun memang faktor-faktor tersebut mempengaruhi aktifitas ikan dalam mencari makan dan mungkin memang menjadikan ikan sangat sulit untuk dipancing.

Mari kita bahas satu persatu faktor cuaca atau faktor apa saja yang mempengaruhi aktifitas ikan dalam mencari makan.

Hujan

Pertama, mari kita bahas tentang hujan. Mungkin para angler yang suka mancing di alam liar atau kolam akan menyesuakian teknik, umpan bahkan target mancing ketika hujan tiba. Apakah hujan mempengaruhi nafsu makan ikan? Tentu saja iya. Sebenarnya, hujan berpengaruh sangat kuat terhadap ikan baik secara pribadi maupun tidak langsung

Suhu

Hujan yang turun akan mempengaruhii suhu air, baik di alam liar seperti laut, danau, rawa, sungai ataupun kolam. Biasanya ketika musim hujan, suhu air akan menjadi hangat. Ikan termasuk hewan yang berdarah hambar atau disebut juga dengan istilah “poikiloterm”, yang merupakan hewan yang suhu tubuhnya mengikuti atau kurang lebih sama dengan suhu lingkungan sekitar ikan berada.

Suhu sangat mempengaruhi nafsu makan ikan dan umumnya ikan mencari air yang lebih hangat. Bagi pemancing pinggiran (mancing di pinggir laut atau pantai), mungkin sudah hafal bila pada musim hujan lebih mudah mendapatkan ikan dari pada musim kemarau karena air pada musim hujan cenderung lebih hangat.

Ketika kemarau dan air laut sangat dingin, umumnya pantai sepi dari pemancing pinggiran karena sangat sulit untuk mendapatkan ikan. Sebagai pola ikan giant trevally, ikan pari dan ikan surung akan lebih mudah dipancing ketika musim hujan tiba.

Saat hujan, suhu air di permukaan air dan di dasar air umumnya juga berbeda, terutama di air tenang seperti danau dan kolam. Ada jenis ikan yang memilih berada di dasar sungat dan ada juga yang malah beraktivitas di permukaan air mencari suhu yang lebih hangat, seperti ikan mas dan ikan nila. Maka dari itu kita harus menyesuaikan teknik yang akan kita gunakan untuk memancing, apakah pakai teknik dasaran atau ngambang.

Warna Air

Selain suhu, hujan juga mempengaruhi warna air. Saat hujan cukup deras, warna air menjadi sangat keruh. Saat sungai sedang banjir, para predator berkumpul di muara sungai untuk menanti ikan-ikan kecil yang hanyut terbawa arus. Untuk mancing ikan giant trevally ketika air di sungai sedang keruh lebih cocok pakai teknik dasaran karena saat air keruh ikan giant trevally cenderung berada di dasar air.

Angin

Angin mungkin membuat panas matahari yang menyengat menjadi tidak terasa. Namun bagi angler, angin yang terlalu kencang juga tidak disukai. Selain mempengaruhi lemparan, ikan juga cenderung tidak mau makan ketika angin sedang besar terutama ikan muara seperti ikan belanak.

Ombak

Pada umumnya bagi pemancing pinggiran, energi ombak yang kecil dan ombak yang tidak tinggi lah yang disukai karena baik ikan kecil dan besar mau makan umpan, selain itu lebih mudah menentukan titik lemparan, alasannya adalah ombak tidak terlalu mempengaruhi benang pancing dan timah pemberat.

Source: https://alzsh.blogspot.com/2012/07/begini-pengaruh-cuaca-terhadap-hasil.html

Mancing ikan di laut bisa menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan karena Sahabat akan mendapatkan jenis ikan yang lebih beragam. Umpan jitu ikan air laut dibutuhkan agar mendapatkan tangkapan yang memuaskan. Umpan jitu adalah sebuah umpan yang disiapkan khusus agar dapat menarik perhatian ikan. Teknik pemilihan umpan jitu dibutuhkan agar tepat sasaran. Perilaku ikan tawar dengan ikan laut itu beda. kalau air tawar lebih mudah umpannya, sedangkan air laut mesti teliti dan analitik. Masing-masing ikan laut pun umpannya beda-beda. ini dia umpan jitu untuk ikan air laut.

Ikan Artificial

Ikan artificial adalah jenis umpan jitu ikan air laut yang bentuknya sangat mirip dengan ikan, tapi terbuat dari bahan-bahan tiruan. Umpan ini memiliki beragam wujud dan material, namanya pun banyak. Seperti bucktail jig, minnow dan metal jig. Jenis umpan ini bahkan ada yang bentuknya seperti udang. Biasanya digunakan untuk mancing ikan pelagis maupun demersal di lautan yang besar dan dalam.

Udang

Umpan jitu ikan air laut selanjutnya adalah udang. Ini adalah jenis udang asli, bisa dipakai udah galah misalnya. Sebaiknya ukuran udangnya memang besar dan dalam kondisi yang masih hidup dan segar supaya ikan mau memakannya. Umpan jitu ikan air laut dengan udang ini bisa digunakan untuk mancing di kawasan pantai saja, tidak jauh dari daratan.

Cacing Laut

Cacing laut adalah jenis cacing yang hidup di laut. Namun banyak pula ditemukan di ekosistem hutan nipah. Mengingat tanaman nipah ini memang adanya di pesisir pantai. Bentuk cacing laut yang besar-besar memungkinkan untuk ikan mau menyambarnya. Umpan jitu ikan air laut ini memang agak ribet mencarinya karena angler harus menelusuri sendiri dimana letak keberadaannya.

Rumput Laut

Tidak hanya diolah menjadi nori, rupanya rumput laut pun bisa dijadikan umpan jitu ikan air laut. Ikan yang bisa dipancing dengan ini tentunya adalah ikan laut herbivora seperti ikan kakak tua. Mancingnya pun harus di daerah yang berterumbu karang dan tidak terlalu dalam.

Ikan Agak Besar

Mancing ikan dengan ikan tentu saja sudah tidak lazim dilakukan. Masalahnya, kalau mancingnya di laut maka umpan jitu ikan air laut ini harus berbadan agak besar. Apalagi kalau mancing ikan-ikan besar, karena kalau umpannya kecil itu tidak menarik perhatian.

Daging Ikan Besar

Bisa juga mancing ikan dengan menggunakan daging ikan sebagai umpannya. Ikan yang ukurannya besar dipotong-potong dulu. Umpan jitu ikan air laut ini juga haru diimbangi dengan peralatan, terutama pelampung yang handal.

Top Water

Top water adalah jenis umpan jitu ikan air laut yang diperuntukkan untuk memancing di permukaan air laut. Biasanya untuk memancing ikan-ikan pelagis. Top water adalah umpan yang berbentuk tiruan ikan yang memiliki kemampuan mengapung dengan baik.

Metal Jig

Metal jig adalah sebuah umpan tiruan yang digunakan untuk mancing di kedalaman dengan teknik jigging. Biasanya umpan metal jig ini digerakkan secara vertikal untuk menarik perhatian ikan. Bentuk umpan tiruan ini sangat lurus dengan warna menyerupai ikan laut pada umumnya.

Swimbaits Vibration

Swimbaits vibration adalah umpan jitu ikan air laut berbentuk ikan tiruan yang memiliki badan gempal dan memiliki kemampuan bergetar layaknya ikan asli. Umpan ini memang dilengkapi dengan material yang fleksibel dan didesain dengan sirip yang lentur.

Minnow

Minnow adalah umpan jitu ikan air laut yang terbuat dari material kayu atau plastik. Ukurannya kecil sekali dibandingkan jenis umpan tiruan lainnya. Biasanya digunakan untuk memancing di perairan laut yang dangkal. Meski bentuknya kecil, minnow punya kemampuan berenang yang menyerupai ikan asli, sehingga kemungkinan untuk disambar ikannya sangat besar.

 

Source: https://www.hewan.id/umpan/ikan-air-laut.html

Di perairan Indonesia, khususnya Jawa Barat, banyak terdapat lokasi mancing potensial yang dapat dicoba ketika menyalurkan hobi mancing Sahabat. Di bawah ini beberapa lokasi mancing yang potensial, antara lain:

Teluk Jakarta

Menuju ke Utara dari pantai Teluk Jakarta terdapat Kepulauan Seribu, sekelompok pulau kecil yang bertaburan di sana. Banyak lokasi mancing di gugusan karang yang tersebar di sekitarnya. Laporan hasil tangkapan terbesar adalah balck marlin dengan berat kurang lebih 50kg. Teluk Jakarta menjadi salah satu spot tujuan para angler di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Ujung Kulon dan Sekitarnya

Ujung Kulon berlokasi di Jawa Barat. Dengan menempuh perjalanan kurang lebih selama 3 jam akan tiba di pantai Anyer dan Carita. Di sana banyak kapal carteran untuk mancing ke Ujung Kulon, Gunung Krakatau atau bahkan sampai ke Lampung Selatan. Pada musim yang tepat, angler dapat melakukan tag & release pada marlin seberat 200kg. Tempat ini menjadi salah satu pilihan tujuan untuk menghabiskan akhir pekan.

Gunung Krakatau

Lokasi unik yang berada di tengah Selat Sunda. Sebuah gunung berapi yang muncul di permukaan laut. Krakatau dapat dicapai dari Anyer dan Carita. Kira-kira 2 jam dengan kapal cepat dan 3.5 jam dengan kapal diesel. Ada 3 pulau di sekitar anak Krakatau yang masih aktif. Ketiganya terlihat seperti merupakan bagian dari pecahan Krakatau sebelum meletus pada tahun 1883. Oleh sebab itu banyak terdapat laguna di sekitarnya. Laguna ini merupakan rumah bagi ikan masidung, kakap merah dan ikan penghuni karang lainnya. Di samping memancing, pemandangannya juga menakjubkan. Sangat potensial sebagai pilihan untuk refreshing.

Pelabuhan Ratu

 

Perkampungan nelayan yang lainnya, namun lebih besar ketimbang Muara Binuangen adalah Pelabuhan Ratu. Lokasi ini sangat terkenal di antara angler Indonesia. Beberapa waktu lalu di sana terpancing black marlin dan blue marlin seberat 200kg. Angler berkesempatan mendapat pengalaman mancing yang tak terlupakan di tempat ini.

Ujung Genteng

Letaknya dekat Surade dan Jampang Kulon (Sukabumi). Di sini banyak terdapat masidung dan tuna. Juga terdapat pantai di mana penyu bertelur, yaitu di Pangumbahan. Lokasi ini terkenal akan ombaknya untuk berselancar.

Batu Karas

Batu Karas terletak di sekitar 1.5 jam dari gerbang Pangandaran. Hasilnya masidung, tenggiri, tuna, dan sebagainya. Sebelum tiba di lokasi akan melewati sebuah sungai yang indah, mirip Green Canyon di Amerika. Salah satu lokasi potensial di sana adalah Legok Jawa. Selain mancing, angler juga akan menemukan banyak tempat-tempat indah disana.

 

Source: https://hewanpedia.com/6-spot-lokasi-mancing-potensial-di-laut-jawa-barat/